Bikin Aplikasi BB10 Lebih Mudah Ketimbang Android

 WATERLOO, KOMPAS.com - Pembuatan aplikasi berbasis BlackBerry 10 diklaim lebih mudah dibanding membuat aplikasi serupa untuk perangkat Android.

Demikian dikatakan oleh Vice President of Global Alliances and Business Development BlackBerry, Marty Mallick kepada KompasTekno, di acara BlackBerry Media Summit, di Waterloo, Kanada.


"Kami (BlackBerry) tidak mempunyai masalah dengan fragmentasi. Kami adalah platform yang bersih, " katanya saat ditanya apa yang menjadi daya tarik BlackBerry 10 bagi pengembang aplikasi.

Ia membandingkan dengan pembuatan aplikasi Android, pengembang aplikasi harus menyediakan waktu yang lebih banyak karena adanya fragmentasi di Android.



Fragmentasi di Android muncul akibat beragamnya model perangkat Android, yang berbeda ukuran layar, resolusi layar, dan tampilan antarmukanya. Selain, fragmentasi diperparah dengan adanya beberapa versi Android yang berbeda.

Selain tak terfragmentasi, menurut Mallick, aplikasi BlackBerry 10 sangat fleksibel karena banyaknya tools yang bisa dipakai developer untuk membangun aplikasinya.

Pengembang aplikasi dapat memilih beberapa platform untuk membangun aplikasi BlackBerry 10, seperti HTML5, C/C++ Native, C++/QT Cascades, WebWorks, Adobe AIR, Java Android Runtime, atau Native SDK BlackBerry 10. Developer tinggal memilih bahasa pemrograman yang mereka kuasai.

BlackBerry Manjakan Developer

BlackBerry berambisi menambah terus jumlah aplikasi Blackberry 10 yang saat ini telah mencapai angka 70.000 aplikasi. Target terdekat adalah mencapai 100.000 aplikasi pada bulan Maret mendatang.

Untuk mencapai target ini, salah satu yang dilakukan oleh BlackBerry adalah "memanjakan" para pengembang aplikasi untuk membuat sebanyak mungkin aplikasi berbasis BlackBerry 10.

Selain menyediakan banyak tools pemrograman seperti disebut di atas, BlackBerry banyak melakukan membuat program khusus untuk para developer.

"BlackBerry telah mengadakan program khusus untuk developer, di mana mereka menjamin aplikasi BlackBerry 10 yang berkualitas akan mendapat pemasukan sebesar 10.000 dollar AS dalam satu tahun," ujar Vice President of Developer Relations and Ecosystems Development BlackBerry, Alex Saunder pada kesempatan yang sama.

Kalau itu tidak terjadi, RIM akan membayar jumlah selisih pendapatan sebenarnya hingga mencapai angka 10.000 dollar AS.

Pada sebuah acara bertajuk "Got Game Port-a-Thon", developer juga diiming-imingi uang 100 dollar AS untuk tiap aplikasi BlackBerry 10 yang dihasilkan dari porting aplikasi platform lain.

Pengertian porting di sini, pengembang tidak perlu mengubah total aplikasi game-nya. Pengembang cukup memodifikasi aplikasi buatannya yang sudah jalan di platform lain, misalnya di Android atau iOS, agar dapat dijalankan di perangkat berbasis BlackBerry 10.

Acara-acara khusus untuk para developer pun banyak digelar BlackBerry. Mulai dari BlackBerry Jam, Hackathon, meet

0 komentar:

Posting Komentar