Google analytics Alat Analisa Web Terbaik Dunia



Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat kami dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, kami bengkelmodif.com  dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi.
Google analytics bisa diakses melalui https://www.google.com/analytics/ adapun fitur-fitur yang tersedia didalam Google Analytics adalah sebagai berikut  :

1.                   Analysis Tools
Google analytics akan Masuk kedalam ke data kami. Kemudian membuat Laporan standar untuk memudahkan untuk mengukur dan memahami keterlibatan di situs kami. Plus itu hanya membutuhkan beberapa klik dengan cepat membangun laporan khusus, segmen pengunjung, dan mengidentifikasi data penting untuk berbagi dengan tim data kami sehingga kami bisa menganalisanya dengan cara membaca laporan dari jejak rekam sistem.


Intelijen Google Analytics melaporkan secara otomatis memonitor lalu lintas situs Web kami dan menyoroti perubahan yang signifikan, membuat kami lebih pintar dan pekerjaan kami lebih mudah.

Gambar 1 : tampilan standar laporan google analytic milik bengkelmodif.com

1.2          Demograpic
Dibagian menu analysis tools pada google analytic ada demographic, behavior, technology, mobile, custome visitor flow. Sehingga kami memungkinkan bisa membaca demografi dari pengunjung web kami berdasarkan Bahasa dan Lokasi pengunjung
 
Gambar 2 : pengunjung web dilihat dari demografi berdasarkan asal negara
Terlihat sementara bengkelmodif.com masih dikunjungi oleh orang Indonesia, pulau dengan atau bagian negara dengan tanda warna hijau memperlihatkan jumlah kunjungan 4 kali dengan page/visit 1.75 dengan waktu visit kurang lebih 04 menit dan new visit 75% dan bounce rate sekitar 50% artinya masih terlihat baik.
1.3                    Perilaku Pengunjung
Didalam google analytic kami bisa mengetahui seberapa pengujung yang baru datang dan seberapa banyak pengunjung yang melakukan kunjungan kembali ke  website kami, oleh google hal ini dibuat grafik yang memperlihatkan persentase dari masing-masing perolehan datanya. Sedangkan untuk bengkelmodif.com sementara ini pengunjung baru mencapai 75% dan sisanya 25% adalah pengunjung yang kembali lagi. Artinya belum banyak pengunjung lama yang melakukan kembali, kedepannya ini harus dilakukan bagaimana membuat loyal para pengunjung tentunya dengan melakukan transaksi online baik di halaman penjualan maupun di silumator.

Gambar 3 : data pengjung baru dan pengunjung yang berkunjung kembali


Gambar 4 : tampilan engagement dari web bengkelmodif.com
1.4                    Teknologi
Yang dimaksud dengan Teknologi di google analytic adalah pengunjung menggunakan browser apa dan jaringan network atau provider apa.
Untuk bengkelmodif.com sementara teknologi yang digunakan untuk mengakses web kami adalah dengan Crome dan Firefox dimana Crome sebanyak 75% dan sisanya 25% adalah Mozila Firefox.
Gambar 5 : teknologi yang digunakan untuk mengakses bengkelmodif.com

1.5                    Gadget
Dengan google analytic juga memungkin kami bisa mendeteksi pengunjung yang menggunakan mobile device namun sementara didalam website kami belum terdeteksi pengunjung yang menggunakan gadget.

Gambar 6 : halaman yang memperlihatkan penggunaan device

1.6                    Alur Pengunjung Web
Diantara Kehebatan google analytic adalah mampu mendeteksi dan memetakan pengunjung web, itu bisaberdasarkan lokasi, bahasa, negara, kampanye, pencarian dan masih banyak lagi metode lainnya yang hanya dengan memilih yang kita kehedendaki, kami mencobanya dengan pemetaan wilayah asal pengunjung

Gambar 7 : asal wilayah pengunjung website
Diidalam peta terlihat jelas google analytic mampu memetakan pengunjung mengunjungi website kami, dari mana, ke halaman website mana dan berapa kali kunjungan, tentu saja ini merupakan alat bantu statistik yang sangat canggih menurut kami.

2.                   Content
Google analytic akan masuk ke konten website kami dan membuat laporan laporan Konten website kami yaitu bengkel modif dot com. Sehingga kami mengetahui seberapa sering orang mengunjungi setiap halaman situs kami, berapa lama mereka tinggal, dan seberapa sering mereka dikonversi. Semua laporan tersebut ditemukan di bagian konten.

Gambar 8  : halaman menu konten

3.                   Mobile
Memahami bagaimana dampak dari penggunaan gadget/mobile terhadap situs kami dan bagaimana mendorong bisnis untuk kami. Ukur situs Web mobile, aplikasi mobile dan kunjungan dari perangkat mobile, termasuk ponsel high-end dan dasar. Ukur iklan yang memimpin orang-orang untuk menggunakan aplikasi Anda dan mencari tahu apakah mereka lebih suka iklan di desktop atau mobile. kami kemudian akan setup untuk membuat kampanye pemasaran bertarget dan efisien yang menjangkau pengunjung  dimanapun mereka berada.

4.                   Conversion
Dengan Google Analytics Konversi Suite, kami dapat melampaui tampilan halaman dan jumlah pengunjung. Lihat bagaimana semua saluran digital pemasaran bekerja sama untuk mendatangkan pengunjung ke situs kami. Mengukur penjualan, download, video yang diputar, dan tindakan lain yang bernilai bagi kami. Memahami mengapa beberapa pengunjung membeli dari produk yang kami tawarkan dan yang lainnya tidak - sehingga kami dapat menyesuaikan situs kami dan program pemasaran kami untuk memenuhi tujuan bisnis kami.
Dimenu conversi ini google analytic mendefinisikan bahwa tujuan yang pelanggan buat goal secara baik, contohnya adalah saat pengunjung melakukan kunjungan ke website www.bengkelmodif.com maka kami mendefinisikan bahwa goal dari kunjungan mereka adalah setelah mereka melakukan pembelian barang sampai proses transaksi selesai.
Dibawah ini adalah salah satu contoh halaman yang menjadi goal url kami yakni transaksi terkahir yang menyatakan bahwa pengunjung sukes melakukan transaksi pembelian.

Gambar 9 : adalah halaman yang didefiniskan sebagai Goal Url

5.                   Social
Disini adalah tentang revolusi Media sosial, dan kami ingin mengukurnya? Laporan dari media sosial membantu mengukur dan mengkonversi tujuan dari bisnis yang kami inginkan. Dengan data web Terpadu dan data sosial menyediakan pandangan menyeluruh dari konten website kami dan masyarakat sehingga diharapkan kami bisa membaca dan mengikuti tren yang terjadi di sosial media.

Gambar 10 : menu sosial media
Seperti apa yang terliat pada gambar 10. Bahwa sosial media referal web yakni facebook. Jadi kami bisa mengetahui bahwa seberapa banyak sosial media akan menjadi web referal kami.
6.                   Advertising
kami telah menginvestasikan banyak untuk menarik pengunjung ke situs kami. Bagaimana kami tahu program periklanan kami bekerja? Kami melihatnya di semua saluran digital - termasuk pencarian, tampilan, sosial, afiliasi, dan email - dan melihat bagaimana mereka mempengaruhi tingkat konversi dan kembali. Kemudian kami Ambil analisis lebih lanjut dengan integrasi yang tak tertandingi untuk melakukan iklan atau kampanye di  AdWords, termasuk kampanye/iklan mobile dan tampilan menarik.
Namun kami saat ini belum menggunakan adword sebagai media iklan pencarian website kami. Dalam hal ini karena kami ingin lebih fokus dan efektif maka saluran komunikasi yang kami gunakan untuk iklan adalah di forum www.kaskus.us

ditulis oleh : Yono Maulana
sumber utama : www.google.com/analytics/
Jika anda berminat untuk membuat website, emarketing, analisa pasar emarketing, iklan sosial media, atau sharing informasi silahkan hubungi
masyon77@gmail.com
atau 087877157911


0 komentar:

Posting Komentar