Google analytics Alat Analisa Web Terbaik Dunia
Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat kami dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, kami bengkelmodif.com dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi.
Google analytics bisa diakses
melalui https://www.google.com/analytics/
adapun fitur-fitur yang tersedia didalam Google Analytics adalah sebagai
berikut :
1.
Analysis Tools
Google analytics akan Masuk
kedalam ke data kami. Kemudian membuat Laporan standar untuk memudahkan untuk
mengukur dan memahami keterlibatan di situs kami. Plus itu hanya membutuhkan
beberapa klik dengan cepat membangun laporan khusus, segmen pengunjung, dan
mengidentifikasi data penting untuk berbagi dengan tim data kami sehingga kami
bisa menganalisanya dengan cara membaca laporan dari jejak rekam sistem.
Intelijen Google Analytics
melaporkan secara otomatis memonitor lalu lintas situs Web kami dan menyoroti
perubahan yang signifikan, membuat kami lebih pintar dan pekerjaan kami lebih
mudah.
Gambar 1 : tampilan
standar laporan google analytic milik bengkelmodif.com
1.2
Demograpic
Dibagian menu analysis tools
pada google analytic ada demographic, behavior, technology, mobile, custome
visitor flow. Sehingga kami memungkinkan bisa membaca demografi dari pengunjung
web kami berdasarkan Bahasa dan Lokasi pengunjung
Gambar 2 :
pengunjung web dilihat dari demografi berdasarkan asal negara
Terlihat sementara
bengkelmodif.com masih dikunjungi oleh orang Indonesia, pulau dengan atau
bagian negara dengan tanda warna hijau memperlihatkan jumlah kunjungan 4 kali
dengan page/visit 1.75 dengan waktu visit kurang lebih 04 menit dan new visit
75% dan bounce rate sekitar 50% artinya masih terlihat baik.
1.3
Perilaku Pengunjung
Didalam google analytic kami
bisa mengetahui seberapa pengujung yang baru datang dan seberapa banyak
pengunjung yang melakukan kunjungan kembali ke website kami, oleh google
hal ini dibuat grafik yang memperlihatkan persentase dari masing-masing
perolehan datanya. Sedangkan untuk bengkelmodif.com sementara ini pengunjung
baru mencapai 75% dan sisanya 25% adalah pengunjung yang kembali lagi. Artinya
belum banyak pengunjung lama yang melakukan kembali, kedepannya ini harus
dilakukan bagaimana membuat loyal para pengunjung tentunya dengan melakukan
transaksi online baik di halaman penjualan maupun di silumator.
Gambar 3 : data
pengjung baru dan pengunjung yang berkunjung kembali
Gambar 4 : tampilan
engagement dari web bengkelmodif.com
1.4
Teknologi
Yang dimaksud dengan Teknologi
di google analytic adalah pengunjung menggunakan browser apa dan jaringan
network atau provider apa.
Untuk bengkelmodif.com sementara
teknologi yang digunakan untuk mengakses web kami adalah dengan Crome dan
Firefox dimana Crome sebanyak 75% dan sisanya 25% adalah Mozila Firefox.
Gambar
5 : teknologi yang digunakan untuk mengakses bengkelmodif.com
1.5
Gadget
Dengan google analytic juga
memungkin kami bisa mendeteksi pengunjung yang menggunakan mobile device namun
sementara didalam website kami belum terdeteksi pengunjung yang menggunakan
gadget.
Gambar 6 : halaman
yang memperlihatkan penggunaan device
1.6
Alur Pengunjung Web
Diantara Kehebatan google
analytic adalah mampu mendeteksi dan memetakan pengunjung web, itu
bisaberdasarkan lokasi, bahasa, negara, kampanye, pencarian dan masih banyak
lagi metode lainnya yang hanya dengan memilih yang kita kehedendaki, kami
mencobanya dengan pemetaan wilayah asal pengunjung
Gambar 7 : asal
wilayah pengunjung website
Diidalam peta terlihat jelas
google analytic mampu memetakan pengunjung mengunjungi website kami, dari mana,
ke halaman website mana dan berapa kali kunjungan, tentu saja ini merupakan
alat bantu statistik yang sangat canggih menurut kami.
2.
Content
Google analytic akan masuk ke
konten website kami dan membuat laporan laporan Konten website kami yaitu
bengkel modif dot com. Sehingga kami mengetahui seberapa sering orang
mengunjungi setiap halaman situs kami, berapa lama mereka tinggal, dan seberapa
sering mereka dikonversi. Semua laporan tersebut ditemukan di bagian konten.
Gambar 8 :
halaman menu konten
3.
Mobile
Memahami bagaimana dampak dari
penggunaan gadget/mobile terhadap situs kami dan bagaimana mendorong bisnis
untuk kami. Ukur situs Web mobile, aplikasi mobile dan kunjungan dari perangkat
mobile, termasuk ponsel high-end dan dasar. Ukur iklan yang memimpin
orang-orang untuk menggunakan aplikasi Anda dan mencari tahu apakah mereka
lebih suka iklan di desktop atau mobile. kami kemudian akan setup untuk membuat
kampanye pemasaran bertarget dan efisien yang menjangkau pengunjung
dimanapun mereka berada.
4.
Conversion
Dengan Google Analytics Konversi
Suite, kami dapat melampaui tampilan halaman dan jumlah pengunjung. Lihat
bagaimana semua saluran digital pemasaran bekerja sama untuk mendatangkan
pengunjung ke situs kami. Mengukur penjualan, download, video yang diputar, dan
tindakan lain yang bernilai bagi kami. Memahami mengapa beberapa pengunjung
membeli dari produk yang kami tawarkan dan yang lainnya tidak - sehingga kami
dapat menyesuaikan situs kami dan program pemasaran kami untuk memenuhi tujuan
bisnis kami.
Dimenu conversi ini google
analytic mendefinisikan bahwa tujuan yang pelanggan buat goal secara baik,
contohnya adalah saat pengunjung melakukan kunjungan ke website www.bengkelmodif.com maka kami
mendefinisikan bahwa goal dari kunjungan mereka adalah setelah mereka melakukan
pembelian barang sampai proses transaksi selesai.
Dibawah ini adalah salah satu
contoh halaman yang menjadi goal url kami yakni transaksi terkahir yang
menyatakan bahwa pengunjung sukes melakukan transaksi pembelian.
Gambar
9 : adalah halaman yang didefiniskan sebagai Goal Url
5.
Social
Disini adalah tentang revolusi
Media sosial, dan kami ingin mengukurnya? Laporan dari media sosial membantu
mengukur dan mengkonversi tujuan dari bisnis yang kami inginkan. Dengan data
web Terpadu dan data sosial menyediakan pandangan menyeluruh dari konten
website kami dan masyarakat sehingga diharapkan kami bisa membaca dan mengikuti
tren yang terjadi di sosial media.
Gambar 10 : menu
sosial media
Seperti apa yang terliat pada
gambar 10. Bahwa sosial media referal web yakni facebook. Jadi kami bisa
mengetahui bahwa seberapa banyak sosial media akan menjadi web referal kami.
6.
Advertising
kami telah menginvestasikan
banyak untuk menarik pengunjung ke situs kami. Bagaimana kami tahu program
periklanan kami bekerja? Kami melihatnya di semua saluran digital - termasuk
pencarian, tampilan, sosial, afiliasi, dan email - dan melihat bagaimana mereka
mempengaruhi tingkat konversi dan kembali. Kemudian kami Ambil analisis lebih
lanjut dengan integrasi yang tak tertandingi untuk melakukan iklan atau
kampanye di AdWords, termasuk kampanye/iklan mobile dan tampilan menarik.
Namun kami saat ini belum
menggunakan adword sebagai media iklan pencarian website kami. Dalam hal ini
karena kami ingin lebih fokus dan efektif maka saluran komunikasi yang kami
gunakan untuk iklan adalah di forum www.kaskus.us
ditulis oleh : Yono Maulana
sumber utama : www.google.com/analytics/
Jika anda berminat untuk membuat website, emarketing, analisa pasar emarketing, iklan sosial media, atau sharing informasi silahkan hubungi
masyon77@gmail.com
atau 087877157911
Posting Komentar